DPRD Sidempuan Rekomendasikan Propinsi TABAGSEL

idang Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan, Rabu (10/12), menetapkan dan merekomendasikan pembentukan Propinsi Tapanuli Bagian Selatan atau dengan sebutan lain. Penetapan itu dituangkan dalam surat keputusan No: 11/KPTS/DPRD/2008 yang ditandatangani seluruh anggota dewan yang hadir.
Keputusan ini merupakan bukti dukungan penuh terhadap hasil kesepakatan bersama Bupati Tapanuli Selatan, Bupati Mandailing Natal, Walikota Padangsidimpuan, Bupati Padang Lawas Utara, dan Bupati Padang Lawas, yang digelar Senin (8/12) lalu.
Ketua Fraksi PPP Adnan Buyung Lubis SH mengatakan pembentukan propinsi baru dan memisahkan diri dari Propinsi Sumatera Utara telah mendapat dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat di Tapanuli Bagian Selatan (Tapsel bersama daerah pemekarannya-red) di dalam dan luar daerah. Wacana itu terus menggelinding bagai bola es dan segera dilakukan pembentukan kepanitiaan.
Sidang paripurna yang sebelumnya beragenda mendengar nota jawaban walikota terhadap pandangan umum fraksi-fraksi atas nota keuangan RAPBD TA 2009 Kota Sidimpuan itu juga dihadiri wakil walikota dan seluruh pimpinan SKPD. “Kita sangat mendukung perwujudan pembentukan propinsi baru. Apalagi, pada 8 Desember 2008 kemarin, lima kepala daerah di wilayah Tabagsel telah menjalin kesepakatan untuk pembentukan propinsi baru. Karenanya perlu ada rekomendasi DPRD untuk mewujudkan rencana pembentukan propinsi baru tersebut. Konsep rekomendasinya telah selesai dibuat dan ditandatangani bersama,” ungkapnya.
Sekretaris DPRD Drs Marwasi Lubis, yang dihunjuk pimpinan untuk membacakan konsep rekomendasi persetujuan tersebut mengatakan, “Demi dan untuk menyikapi aspirasi masyarakat atas pembentukan propinsi baru dan memperhatikan hasil kesepakatan lima kepala daerah. Maka DPRD Kota Sidimpuan menetapkan persetujuan Pembentukan Propinsi Tapanuli Selatan Raya atau dengan sebutan lain. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan didalamnya, akan dirubah dan diperbaiki sebagaimana mestinya,” kata Sekwan.
Usai membacakan pembacaan konsep surat persetujuan tersebut, ketua dan wakil ketua DPRD menandatanganinya dan kemudian diserahkan kepada pihak eksekutif yang diterima Wakil Walikota Sidimpuan H Mara Gunung Harahap SE.
Tempat terpisah, Sekretaris DPRD kepada wartawan menyebutkan, Walikota Sidimpuan Drs H Zulkarnaen Nasution MM telah membuat pernyataan tertulis mendukung pembentukan propinsi dan sudah dibacakan wakil walikota pada paripurna tersebut. “Pembentukan suatu propinsi baru di wilayah eks Kabupaten Tapsel merupakan obsesi utama saya sejak dulu. Ini telah saya sampaikan dalam berbagai kesempatan dan terakhir dituangkan dalam RPJP dan RPJM Kota P Sidimpuan,” kata Walikota dalam suratnya dan diulangi Marwasi.
Dalam surat itu, walikota juga menyebut kemampuan ekonomi, potensi SDA dan kondisi wilayah, sosial budaya, sosial politik, jumlah penduduk, luas daerah, jumlah kabupaten/kota di wilayah eks Kabupaten Tapsel, sudah memenuhi syarat untuk pembentukan satu propinsi baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: