Defisit 4.7 Miliar RAPBD Padang Lawas 2009 Disahkan

SIBUHUAN : Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Padang Lawas tahun anggaran (TA) 2009, disahkan dengan defisit anggaran sebesar Rp. 4.744.453.869, dari pendapatan Rp.180.169.4009.363 dan Belanja sebesar Rp.184.913.763.232.

Demikian paripurna DPRD di Gedung Dewan Sibuhuan, Senin kemarin. Rapat berlansung langgeng tanpa adanya interupsi itu, dihadiri oleh Penjabat Bupati Ir.Soripada Harahap, ketua DPRD Syarifuddin Hasibuan, Wakil Ketua Samson Fareddy Hasibuan, para anggota dewan serta seluruh dinas dan kantor di jajaran Pemkab Padang Lawas.

Seluruh fraksi yang terdiri dari Fraksi Golkar, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan Fraksi Nasional menyetujuai rancangan perubahan APBD untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah yang defenitif, tentang APBD Kabuapten Padang Lawas tahun anggaran 2008.

Laporan pembahasan panitia anggaran DPRD terhadap Ranperda APBD Padang Lawas yang ditandatangani oleh panitia anggaran dan tim anggaran Pemda Padang Lawas itu, menekankan agar memuat penjelasan yang rasional dan realistis untuk mendukung mata anggaran yang dialokasikan baik yang menyangkut belanja rutin maupun belanja pembangunan, sehingga tidak mengundang pertanyaan kian melebar dan panjang yang menyita waktu da menguras energi tanpa manfaat.

Meningkatakan antisifasi dan pengawasan terhadap lintas jalur Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga penyetoran ke kas daerah terjamin lancar. Demikian juga pengawasan plaksanaan proyek-proyek fisik di lapangan.

Meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan realisasi dana belanja rutin dan pembangunan dengan cara keseragaman data pengendalian antara dinas/intansi pelaksana dengan data pengendalian yang dilakukan Bapelitbang dan keuangan daerah, hal ini dapat dilakukan apabila koordinasi, pengawasan dapat dilaksanakan secara terpadu dengan persamaan persepsi dan orientasi yang sama.

Penjabat Bupati Padang Lawas Ir.Soripada Harahap dalam sambutannya mengatakan Rancangan pendapatan Kabupaten Padang Lawas bersumber dari PAD sebesar Rp.10.619.319.095, dana perimbangan pusat Rp153.887.740.000,- yang terdiri dari dana bagi hasil pajak/bukan pajak Rp.3.592.420.000,-. DAU sebesar Rp139.981.320.000,- dan DAK sebesar Rp.10.314.000.000 dan lain-lain sumber pendapatan yang syah sebesar Rp15.662.350.268.

Dikatakan Bupati, pendapatan Kab Padang Lawas masih tergantung dari alokasi dana perimbangan yang sebagian besar diperuntukkan untuk belanja pegawai, sehingga pelayanan publik belum maksimal. Untuk itu menurut bupati kebijakan umum anggaran tahun 2009 dititik beratkan pada penciptaan pemerintahan yang baik (good governance). Kebijakan ini diarahkan pada penataan manejemen pemerintahan, pendidikan dan pelatihan PNS.

Pembangunan infrastruktur dasar untuk masyarkat dan pemerintah, alokasi anggaran ini di fokuskan pada peningkatan kondisi jalan di ibu kota kabupaten, meningkatkan pembedayaan masyarakat melaui PNPM mandiri dan peningkatan pelayanan kesehatan.

8 Komentar

  1. Eprat said,

    15 Januari 2009 pada 21:02

    Kalau memang begitu adanya. Kita harap maklum karena kita memang masih baru. Potensi untuk meningkatkan pendapatan daerah masih besar, cuma perlu digarap lagi. Bagi kita rakyat Padang Lawas yang perlu adalah mengawasi pemakaian dana tersebut agar tidak dikorupsi, dana-dana proyek tidak ‘mark up’ sehingga semua dana yang keluar tepat guna, tepat sasaran. Kita semua tahu “biaya politik” pada pilkada yang lalu sangatlah besar sehingga APBD kita sangatlah RAWAN.

  2. Putra Pinarik said,

    15 Januari 2009 pada 22:33

    Pesan saya untuk Bapak Bupati yang baru, benar2 lah Bapak menjadi Pemimpin yang berpihak kepada kepentingan orang banyak. Dan selalu menjaga kelestarian alam. Jangan mudah untuk memberikan izin kepada penebangan hutan. Kalau perlu Pak, minta saran kepada para anggota Forum Padang Lawas ini. Sampaikan tulisan Bapak di Blog ini agar kami dapat memberikan tanggapan bagi kemajuan dan pembangunan Kabupaten Padang Lawas. Kalau bisa sih, Bapak juga ikut membaca dan memberikan tanggapan atas blog ini.
    Thanks….

  3. Dr. Tan said,

    20 Januari 2009 pada 01:30

    Uang yg segitu banyaknya mudah2an bs di pergunakan sebaik2nya.amiin..amiin ya robbal alamin.

  4. Putra Pinarik said,

    20 Januari 2009 pada 08:49

    Yang lebih penting lagi, tingkatkan kemampuan SDM di lingkungan Pemerintahan Padang Lawas ! Kalau merekrut tenaga kerja di lingkungan Pemerintahan, jangan utamakan KKN.

  5. Arfan Marwazi Lubis,SS said,

    15 April 2009 pada 12:39

    Salam Buat Pak Sarifuddin dan Pak Basrah.
    Tolong semua anggaran benar2 buat rakyat demi kemakmuran rakyat.

    warga Papaso

  6. harrys putra sibuhuan said,

    22 April 2009 pada 12:56

    terima kasih kepada rekan yang telah membuat blog ini, sehingga saya masih mampu memantau perkembangan daerah kelahiran saya dari jauh.
    saran saya kepada rekan seperjuangan, selaku kaun intelektual yang mengerti akan konsep pemerintahan, dan tata cara berdemokrasi yang baik, mari kita tunjukkan bahwasanya kita peduli dengan tanah kelahiran kita dengan cara selalu memantau , mengawasi dan memberikan masukan kepada pejabat baru kita yang baru terpilih agar senantiasa pro terhadap masyarakat.
    yang kedua, karena daerah kit hasil dari pemekaran, dan tergolong baru maka anggaran riskan akan mereka yyang akan memperkaya diri sendiri dengan cara mark up terhadap tender proyek. karna akan banyak proyek tentunya untuk daerah yang baru di mekarkan. akhirnya kepadaNya lah kita kembali. semoga di perhatikan….. wassalam

  7. khoijah hsb said,

    26 September 2009 pada 23:40

    Harapan saya kpd bapak bupati terpilih agar memprioritaskan pembangunan jalan jalur dua wlyh psr SBHN PADANG LUAR untuk mengurangi terjadinya kecekakaan lalu lintas sebaliknya memperindah IBUKOTA KAB.PADANG LAWAS.

  8. 4 April 2010 pada 10:05

    terima kasih sebelumnya buat bapak bupati padang lawas…
    mengingat keadaan kita yang masih baru kita harus awali dengan penggunaan alokasi dana yang efisien & efektif mungkin,agar tidak terjadi hal2 yang merugikan kita semua.amin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: